blackberryindonesia.com

Informasi yang layak untuk anda jadikan referensi

Kandungan Nutrisi Berikut Sebaiknya Terdapat dalam Makanan Anak Kucing yang Anda Berikan

Kandungan Nutrisi Berikut Sebaiknya Terdapat dalam Makanan Anak Kucing yang Anda Berikan

Kandungan Nutrisi Berikut Sebaiknya Terdapat dalam Makanan Anak Kucing yang Anda Berikan

Apakah Anda baru saja mendapatkan seekor kitten atau anak kucing? Baik dengan cara mengadopsi atau karena induk kucingnya baru saja melahirkan, seekor kitten memang sangat menggemaskan. Hal selanjutnya untuk Anda pikirkan adalah makanan anak kucing yang sehat. Dalam hal ini, sebenarnya menyiapkan makanan kucing kecil tidaklah terlalu rumit.

Hal utama untuk diperhatikan adalah kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Usahakan agar kucing kecil di rumah Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan zat-zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuhnya. Untuk itu, pada artikel kali ini akan diuraikan apa saja kebutuhan nutrisi pada seekor kitten, yakni sebagai berikut.

  1. Kandungan Kalori

Pada masa awal pertumbuhannya, anak kucing membutuhkan asupan kalori dengan kadar cukup tinggi. Asupan tersebut berasal dari protein dan lemak. Oleh karena itu, usahakan agar makanannya memiliki kandungan protein dan lemak yang lebih tinggi daripada makanan kucing dewasa.

Kalori tinggi dari protein dan lemak ini dibutuhkan dalam tubuh seekor anak kucing untuk membentuk otot, tulang, dan organ-organ tubuh lainnya.

Dalam hal ini, terdapat standar mengenai kadar minimal protein dan lemak untuk seekor kitten dari Association of American Feed Control Officials atau AAFCO. Menurut lembaga ini, kadar protein pada makanan kitten sebaiknya tidak kurang dari 30 persen. Sementara untuk kadar lemaknya sebaiknya tidak kurang dari 9 persen.

  1. Kandungan DHA

Docosahexaenoic Acid (DHA) atau dikenal juga sebagai lemak omega 3 merupakan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak kucing. Hal ini karena zat tersebut diperlukan dalam proses perkembangan otak dan matanya.

Zat ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil. Sebagaimana dilansir oleh AAFCO, sebaiknya DHA dalam makanan harian kitten memiliki kadar tidak kurang dari 0,01 persen.

  1. Kandungan Vitamin dan Mineral

Selain protein, lemak, dan DHA, makanan kitten sebaiknya juga memiliki kandungan vitamin dan mineral dalam jumlah cukup. Di antaranya adalah vitamin E dan Selenium. Keduanya dapat berperan sebagai antioksidan dengan fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak kucing.

Berdasarkan standar yang diberikan oleh AAFCO, dalam konsumsi harian dibutuhkan vitamin  E dalam kadar minimal 40 IU/kg. Sementara untuk Selenium dibutuhkan minimal 0,3 mg/kg.

Di samping kedua zat tersebut, terdapat zat-zat mineral lain berupa fosfor dan kalsium yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh kitten. Keduanya bertanggung jawab dalam proses pembentukan tulang agar menjadi sehat dan kuat. Kadar minimal yang dibutuhkan adalah 0,8 persen untuk fosfor dan 1 persen untuk kalsium.

Demikianlah beberapa zat yang harus terdapat dalam makanan anak kucing. Semua nutrisi tersebut sudah terkandung dalam Pro Plan Wet Kitten sebagai produk makanan khusus untuk kucing berusia sampai 1 tahun. Untuk memperkaya pilihan, tersedia 2 varian dengan bahan daging ayam atau salmon yang bisa dipilih untuk kucing kecil Anda.