blackberryindonesia.com

Informasi yang layak untuk anda jadikan referensi

5 Kiat Memberi Makanan yang Bisa Menambah Berat Badan Si Kecil

5 Kiat Memberi Makanan yang Bisa Menambah Berat Badan Si Kecil

5 Kiat Memberi Makanan yang Bisa Menambah Berat Badan Si Kecil

Salah satu upaya memberikan kasih sayang terbaik untuk anak adalah memberikan asupan nutrisi yang baik. Anda harus rajin mengecek pertumbuhan anak sesuai dengan usia mereka untuk memastikan perkembangan si kecil tidak terganggu. Berikan makanan penambah berat badan yang lebih sehat bila anak memiliki berat badan dibawah normal, ya!

Cara Menambah Berat Badan Anak Lebih Cepat dan Sehat

Bila anak memiliki berat badan yang tidak normal, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memberikan makanan penambah berat badan yang sehat. Berikut cara menambah berat badan anak yang bisa Anda coba yaitu :

1.                 Pertimbangkan makanan dengan kalori tinggi sesuai usia anak

Pilih makanan dengan kalori tinggi yang sesuai dengan usia anak, misalnya anak usia 2-3 tahun membutuhkan asupan kalori sebanyak 1000 kkal setiap hari, sedangkan anak usia 4-8 tahun butuh lebih banyak hingga 1.400 kkal. Anda bisa memilih jenis makanan yang kaya kalori seperti nasi, daging merah, ayam, ikan, ubi, kentang, dan lain-lain.

2.                 Pilih makanan dengan asupan lemak

Bila si kecil punya masalah berat badan yang jauh dari perkembangan usia, sebaiknya pertimbangkan memilih asupan lemak yang bisa meningkatkan kalori harian mereka. Misalnya Anda bisa menambahkan sereal dengan susu untuk meningkatkan kebutuhan kalori si kecil terpenuhi.

3.                 Asupan karbohidrat yang lebih tinggi

Anak yang kurus bisa mengalami gangguan kesehatan dan kecerdasan mereka. Penting sekali membuat daftar menu setiap minggu yang kaya nutrisi demi pertumbuhan mereka yang lebih optimal. Anda bisa menambahkan asupan karbohidrat kompleks yang lebih sehat, bisa pula menambahkan camilan di antara waktu makan seperti buah-buahan, oatmeal dan sebagainya.

4.                 Susu

Alih-alih memberikan minuman yang mengandung gula tinggi, sebaiknya Anda mengganti minuman lebih sehat dengan produk susu. Anda bisa membeli produk susu di pasaran yang kaya vitamin, mineral dan rendah gula, atau memberikan asupan susu kedelai untuk anak alergi susu sapi. Anda juga bisa memberikan produk olahan susu seperti keju atau yoghurt yang menyehatkan, asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

5.                 Biasakan pola makan sehat

Untuk mendukung program penambah berat badan lebih optimal, sebaiknya pantau pola makan si kecil lebih sehat. Anda wajib membiasakan anak makan secara teratur dalam porsi besar. Porsi besar bisa membantu program anak memiliki berat badan yang lebih cepat dan sehat, tapi Anda juga harus tahu batasan porsi makan tersebut. Tetap berikan porsi makan besar yang sehat seperti sereal, buah-buahan, oatmeal, sayuran, dan lain-lain.

Anak yang memiliki berat badan terlalu kurus rentan terkena penyakit sehingga perlu penambahan berat badan lebih cepat. Anda harus memberikan makanan penambah berat badan dalam daftar menu harian yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, vitamin, dan mineral. Bila si kecil tipe anak yang pemilih, Anda harus menerapkan inovasi makanan yang lebih menarik demi meningkatkan nafsu makan anak lebih tinggi, ya!